Siapa Kami

SSpSAP - Kongregasi Suster-Suster Abdi Roh Kudus Adorasi Abadi

"Ekaristi adalah Pusat dari Hidup Pribadi dan Hidup Bersama Kami"

Ketika misionaris Serikat Sabda Allah (SVD) memulai karya pelayanannya di Indonesia lebih dari seratus tahun lalu (1913), banyak umat di wilayah Nusa Tenggara masih terikat dengan agama-agama tradisional. Banyak misionaris dilawan oleh tua-tua adat dan pemuka masyarakat. Namun kegigihan mereka membuka pintu penginjilan sistematis, sehingga perlahan-lahan masyarakat dari kawasan ini menerima Kristus dan kini menjadi satu wilayah penyumbang misionaris terbesar di dunia. Generasi tua masih bisa memberi kesaksian, bahwa kewibawaan rohani para misionaris saat itu sangat kuat, sehingga kehadiran mereka sanggup membawa pengaruh yang sangat besar. Kualitas rohani ini tercermin dalam perilaku hidup mereka yang dekat dengan umat dan berbuat banyak hal semata-mata untuk umat. Tak perlu banyak kata-kata, tetapi teladan justru lebih kuat berbicara.

Setiap tanggal 15 Januari kita memperingati pesta St. Arnoldus Janssen, pendiri tiga kongregasi religius:

  • Serikat Sabda Allah, SVD (1875)
  • Suster Misi Abdi Roh Kudus, SSpS (1889)
  • Suster Misi Abdi Roh Kudus Adorasi Abadi, SSpSAP (1896)

Arnoldus Janssen (1873 - 1909) seorang imam yang sederhana dan biasa saja. Ia menjadi guru matematika pada sekolah menengah dan tidak ada sesuatu pun dalam latar belakang pendidikan atau pengalaman kerjanya yang mempersiapkan beliau sebagai pendiri tiga tarekat. Hanya ketika Jerman berada dalam genggaman Bismark yang gencar dengan gerakan Kulturkampf dengan mengambil alih lembaga-lembaga sosial Gereja Katolik serta membubarkan banyak paroki, maka tepat saat itulah, Arnoldus berpikir untuk mendirikan sebuah seminari misi, cikal bakal lahirnya SVD dan kemudian dua tarekat lain, SSpS Misi dan SSpS Adorasi Abadi.

Allah mengejutkan pada diri Arnoldus seperti yang terjadi pada diri Petrus. Baik Petrus maupun Arnoldus adalah dua orang yang biasa saja, tidak mempunyai bakat yang menonjol, tetapi ternyata dipakai Allah untuk menyatakan kemuliaanNya. Rahasianya justru terletak pada kekuatan kerendahan hati yang mereka miliki.

Di jalan Kristus, kami mengikrarkan diri ke tiga Kaul Injili, yaitu:

  • Kemurnian
  • Kemiskinan
  • Ketaatan

Kongregasi Suster-Suster Abdi Roh Kudus Adorasi Abadi atau yang juga dikenal dengan Congregatio Servarum Spiritus Sancti De Adoratione Perpetua berdiri pada tanggal 8 Desember 1896.

Menu Utama

Kilas Berita

Bukalah hatimu bagi panggilan Allah dan dengan murah hati serahkan hidupmu bagi Allah.

Sedang Online

We have 6 guests and no members online

St. Arnoldus Janssen

St, Arnoldus Janssen

Apa Kata Mereka?

Ekaristi adalah Pusat dari hidup pribadi dan hidup bersama kami.

Hubungi Kami

Vocation Directress
Biara Adorasi Tritunggal Mahakudus
Jalan SMU II, Tromol Pos 801, Ruteng 86508
Flores - NTT; Indonesia
Telp.: (0062) 385-22390
HP.: 081338304790